pages

December 31, 2010

2010's Status

30 Oktober 2010
Menerima seseorang apa adanya adalah langkah awal untuk belajar mengasihi. Menerima dia dan masa lalunya, kesalahan terburuk yg pernah dilakukan, dan juga karakter yang menyatu dengan dirinya. Belajar menjadi teman pendamping dalam proses hidup yang masih panjang karena Tuhan berkarya dengan cara yg tak terselami dalam pribadi setiap org. Setiap orang bisa berubah karena selalu tersedia kesempatan untuk berubah.

5 November 2010
God uses ORDINARY people to carry out His EXTRAORDINARY plan.
Kenyataan ini membuat kita HARUS belajar menerima dan menghargai setiap orang bukan pada status, penampilan, kekayaan, atau segala atribut yang melekat padanya. Karena Tuhan dapat memakai orang yg bodoh dan yang tidak dianggap oleh dunia untuk menggulingkan pemerintahan raja-raja.

1 Januari 2009
Sadar bhw dgn modal bakat besar, kemampuan, kemauan dan pengalaman tidak cukup. Butuh penyerahan diri total dan campur tangan TUHAN. Without GOD, WE ARE NOTHING..

December 08, 2010

The Art of Math


Saat aku bersua dengan eksponen jiwamu,
Sinus kosinus hatiku bergetar membelah rasa


Diagonal-diagonal ruang hatimu
Telah bersentuhan dengan diagonal-diagonal bidang hatiku
Jika aku adalah akar-akar persamaan x1 dan x2
Maka engkaulah persamaan dengan akar-akar 2x1 dan 2x2


Aku ini binatang jalang
Dari himpunan yang kosong
Kaulah integrasi belahan jiwaku
Kaulah kodomain dari fungsi hatiku


Kemana harus kucari modulus vektor hatimu?
Dengan besaran apakah harus kunyatakan cintaku?
Kulihat variabel di matamu
Matamu bagaikan 2 elipsoid
Hidungmu bagaikan asimptot-asimptot hiperbola
Ku lihat grafik cosinus di mulutmu


Modus ponen.... podue tollens....
Entah dengan modus apa ku singkap logika hatimu.....
Beribu-ribu matriks ordo 2x2 kutempuh
Bagaimana kuungkap adjoinku padamu
Kujalani tiap barisan geometri yang tak hingga jumlahnya
Tiap barisan aritmatika yang tak terhitung...


Akhirnya kutemui determinan matriks hatimu
Tepat saat garis singgung cintamu sejajar garis cinta di hatiku


-Puisi Cinta ala Matematik, email dari Wahyu Bagus-






December 03, 2010

Kendaraan Unik


Tadi malam (2/12/2010) pukul 20.30,, saat pulang dari kos-kos’an adik KTB di dekat kampus UPH Surabaya. Suatu pemandangan menarik perhatian saya.
Yah,, Untuk pertama kalinya melihat dengan mata kepala sendiri sebuah becak menggunakan motor..
Berbagai alasan digunakannya becak motor ini bagi para penyedia transportasi, selain karena keterbatasan gerak becak konvensional, kebutuhan transportasi yang lebih cepat memaksa penggunaan motor menggantikan energi kayuhan kaki untuk mempercepat gerakan kendaraan ini.
Dengan respon yg sangat cepat, aq langsung  bergegas memanggil sang bapak yang sekilas tampak sudah berumur 50-an tahun..
Sempat terjadi dialog singkat antara saya dan bapak itu yg akhirnya diketahui bernama pak Sugiono. Rumahnya di sekitar daerah Siwalankerto..
“Pak, udah berapa lama menggunakan becak motor ini??” tanya-ku.. “Baru seminggu non..” jawabnya.
“Kok bisa ada ide buat becak motor pak, padahal kan di surabaya masih sangat jarang, bahkan ini pertama kalinya saya melihat becak motor?” tukas-ku.. “Yah, iya non. Kebetulan bapak punya motor yang udah lama ga dipake, mesinnya masih bagus. Daripada dibiarin diparkir di rumah trus, mending bapak pake aja buat becak supaya mesinnya ga rusak. Selain itu yang  bapak juga udah ga sanggup lagi kalo narik becak sepanjang hari untuk jarak yang jauh, maklum udah tua..” jawabnya.
Yah itulah sepenggal dialog yang terjadi. Keterbatasan sebenarnya menghasilkan kreatifitas. 
2 jempol untuk pak Sugiono yang memodifikasi motor tuanya menjadi becak motor. 
Menjadi pionir becak motor bagi geng pembecak di daerah SIwalankerto. 
Ga perlu keringat2 kayuh becak lagi, hanya perlu gas..bup..bup..bup… 
Alhasil jarak dari depan jalan Ahmad Yani sampai kos2an saya hanya ditempuh dalam 3-4menit, yang biasanya dengan becak normal menempuh sekitar 6-7 menitan..



November 18, 2010

Sempurna



Saya tidak sedang akan membahas sebuah lagu berjudul “Sempurna” yang dipopulerkan oleh Andra n The Backbone dan Gita Gutawa. Namun saya akan membahas tentang kata ‘sempurna’ itu sendiri yang sering saya temui di Alkitab.
Saya bukan Teolog jadi jangan mengkritisi saya berdasarkan konteks penggunaan kata sempurna yang saya baca dalam Alkitab terjemahan Indonesia di paralelkan dengan penggunaannya dalam bahasa Yunani.
Okay,, Let’s start  it,,
Saya sering merasa terganggu dengan kalimat “Nobody perfect” yang sering diucapkan banyak orang untuk melegalkan kelemahan atau kesalahan yang telah dilakukannya,,
Dengan mengabaikan proses yang terus akan mendewasakan seseorang lewat pilihan-pilihan atau sikap yang salah itu,,
Dalam konteks ini yang saya maksudkan adalah orang2 sering dengan enteng menyamakan kegagalan ketaatannya dengan natural penciptaan manusia dalam karakter yang beragam untuk saling melengkapi.. Huff,,huf,, Tapi inilah yang terjadi!! Bahkan dengan begitu entengnya pemuda-pemudi yang melayani Tuhan pun dapat mengucapkan kalimat ini dalam rasa ketidakberdosaannya,, Yah ini realitanya,,
Sebenarnya, kalau kesempurnaan itu mustahil dicapai oleh manusia, terus apa artinya Tuhan berkata kepada murid-muridnya dalam Matius 5:48
Karena itu haruslah kamu SEMPURNA sama seperti Bapamu yang di sorga adalah SEMPURNA
Nih versi English lebih jelas lagi maksudnya :
You, therefore, must be perfect [growing into complete maturity of godliness in mind and character, having reached the proper height of virtue and integrity],as your heavenly Father is perfect.

Kesempurnaan yang dimaksudkan dan yang diharapkan oleh Tuhan untuk dicapai oleh kita adalah suatu proses bidikan hidup yang semakin lama semakin tinggi mengikuti standar kebenaran Bapa yang sempurna. Dalam hal apa saja?? Dalam pikiran (mind : Standar pola pikir) dan karakter (sikap, moral). Dua hal ini harus terus diproses untuk bertambah baik lewat ketaatan kepada Firman Tuhan. Mind dan character adalah dua hal yang akan terus berkolaborasi untuk menentukan respon, sikap dan perbuatan kita yang harus sejalan dengan kehendak Tuhan yang sempurna (perfect will of  GOD) 


Roma 12: 2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna
English version :

Do not be conformed to this world (this age), [fashioned after and adapted to its external, superficial customs], but be transformed (changed) by the [entire] renewal of your mind [by its new ideals and its new attitude], so that you may prove [for yourselves] what is the good and acceptable and perfect will of God, even the thing which is good and acceptable and perfect [in His sight for you].
Kita boleh saja hidup dalam dunia yang tidak sempurna lagi akibat dosa, tapi jangan jadi sama sperti zaman ini.. Jangan meniru gaya dan cara hidup dunia yang dangkal dan menjauhkan kita dari kebenaran, tetapi kita harus BERUBAH terus menerus dalam seluruh pikiran yang baru (visi yang baru) dan sikap yang baru. Supaya apa?? Bukan supaya terlihat rohani atau dinilai baik dan termasuk tipe unggulan orang bijak di zaman ini, tapi supaya kita bisa membuktikan kepada diri kita sendiri apakah kita dapat melakukan apa yang baik, sempurna dan yang dapat diterima oleh Allah dalam pandanganNya terhadap kita. Bukan apa yang baik, sempurna dan yang dapat diterima oleh DUNIA.
Saya adalah orang yang seringkali terperangkap dalam hal ini,, mungkin dalam hal-hal yang dangkal kita dapat menjadi orang yang dapat diterima oleh dunia dan Tuhan,, Namun, jika kita bertambah mengasihi Kristus dan belajar untuk lebih taat lagi, maka kita akan menemukan bahwa ternyata kita harus memilih di antara keduanya. Menjadi orang yang menyenangkan hati Tuhan VS dunia (keluarga kita, bos, teman pelayanan, teman-teman terdekat, dan siapa saja dimanapun konteks kita ditempatkan),, Menjadi orang yang menyenangkan hati Tuhan mungkin tidak selamanya tidak disukai dunia, bahkan mungkin dunia kan membenci hal itu,,
Yah tetapi proses dan tahap demi tahap inilah yang harus kita lalui,, berjalan untuk terus membidik lebih tinggi seturut dengan hatiNya,,
Dalam renungan Our Daily Bread yang saya renungkan tanggal 8 November lalu, ada sepenggal kalimat yang sangat memberkati saya dan membuat saya menyadari bahwa pandangan dan arah bidikan hidup kita harus tetap tertuju kepada yang sempurna,,
Kesempurnaan adalah target yang begitu tinggi, dan kita tidak mungkin mencapainya dalam hidup ini. Namun, jika kita ingin memuliakan Allah dan mendekati sasaran yang tinggi itu, kita harus membidik lebih tinggi.
Ketika Rasul Paulus yang dalam pandangan konteks orang Yahudi saat itu, memiliki segala yang baik yang diingini dunia (kaum cendekiawan terkenal dan terpintar) dan merupakan rasul yang berani mati untuk Injil dan menantang para penguasa zaman itu.. Dan sepertinya kalau dilihat dari segi pengikut Kristus, mungkin menurut kita Rasul Paulus adalah rasul terbesar dan yang paling sempurna dalam ketaatan dan pengorbanannya untuk Injil. Paulus berkata :
Filipi 3:12
Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
Kita tidak akan pernah tahu kapan kita harus berhenti membidik lebih tinggi dan  lebih lagi. Tetapi usahakanlah selalu untuk membidik lebih tinggi, sampai waktunya tiba kita tidak pernah merasa, IA telah membawa kita ke tempat yang tinggi, untuk menikmati kepenuhan relasi bersamaNya. Pada pesan terakhir Paulus kepada jemaat di Korintus :
2 Korintus 13:11
Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!
Dan pada akhirnya, kita mencapai kedewasaan rohani dalam relasi yang intim bersamaNya, tidak kekurangan apapun. Krna hanya Dia-lah yang menjadi kebutuhan dan kerinduan hati kita.
Yakobus 1:4
Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.


November 07, 2010

Egois dan Cinta Diri


Apakah EGOIS itu sama dengan MENCINTAI DIRI sendiri??
Hmm…Secara sekilas banyak orang akan berpendapat bahwa kedua hal itu sama saja..Orang yang mencintai diri sendiri adalah orang yang egois..
Seandainya kita mendalaminya lebih jauh, apa yang salah dengan mencintai diri sendiri??
Mengapa kita tidak boleh mencintai diri sendiri?? Kalau kita saja tidak mencintai diri sendiri, memangnya akan ada orang yang akan memberi cinta yang lebih sempurna untuk diri kita??
Bukankah ketika seseorang terlalu mengharapkan cinta dan perhatian orang lain maka hal itu juga akan membuatnya menjadi seseorang yang egois??

EGOIS itu tidak sama dengan MENCINTAI DIRI.
EGOIS itu sama dengan mementingkan diri sendiri.
EGOIS itu mengambil sesuatu yang sepatutnya diberikan untuk orang lain dan mengambil untuk dirinya sendiri.


Apa yang diambil oleh si Egois??
Yang diambilnya adalah cinta untuk orang lain.
Ketika kita tidak bisa mencintai diri sendiri tanpa SYARAT, jangan pernah berharap bisa mengasihi orang lain tanpa SYARAT.
Ketika kita berusaha untuk mencintai diri sendiri dengan syarat, maka kita juga akan mengasihi orang lain dengan syarat.
Kalau orang lain tidak dapat memenuhi syarat tersebut, maka KASIH kita kepadanya akan berkurang. Ini yang dinamakan EGOIS.

EGOIS selalu dimulai dari kegagalan seseorang mencintai diri.
Egois adalah ekspresi ketidakmampuan seseorang untuk mencintai dan menerima dirinya sendiri.

Orang yang tidak mencintai dirinya sendiri akan kecewa berat ketika menemukan kenyataan bahwa hanya sedikit orang yang mengasihinya ataupun merasa di dunia ini tidak ada yang mengasihinya.
Karena si Egois kekurangan kasih untuk dirinya sendiri, maka ia berusaha untuk merebut perhatian dan kasih yang berlebihan dari orang lain.

Hanya orang yang dapat menerima dan mengasihi dirinya yang dapat mengasihi orang lain. Karena bagaimana kita mengasihi orang lain menunjukkan bagaimana kita mengasihi dan menerima diri kita sendiri.
Mencintai diri sendiri berarti kita merasa cukup dengan apa yang ada pada diri kita, bersyukur dengan apa yang kita miliki, dan terus berusaha untuk memperbaiki diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.
Bagi orang biasa melakukannya, mengutamakan orang lain bukanlah hal yang terlalu sulit.

Matius 22:39 mengatakan : 


Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah SESAMA-mu manusia seperti DIRI-mu sendiri.

So guys...
Jadilah orang yang mengasihi sesama karena anda sudah berdamai dengan diri anda sendiri dan masa lalu. Kalau kita memaksa mengasihi sesama tanpa mengasihi diri sendiri, itu sebenarnya kita sedang berusaha mengambil sesuatu untuk diri kita sendiri.

“If you aren’t good at loving yourself, you will have a difficult time loving anyone, since you’ll resent the time and energy you give another person that you aren’t even giving to yourself.”


October 25, 2010

Mencintai sebelum Bertemu




Sendiri MENUNGGU dalam keheningan
Mencoba untuk selalu berjuang, PERCAYA pada keyakinan ini
Bahwa engkau sedang diproses olehNya..
Sendiri menanti dalam kebekuan waktu
Mencoba untuk selalu MENCINTAI, percaya pada keyakinan ini
Bahwa engkau sedang menikmatiNya..


Semakin lama rasa ini teruji
Semakin kuat KEYAKINAN itu berkembang
Semakin lama kau tak kunjung datang
Semakin kuat PERJUANGAN-ku untuk melayaniNya


Jiwa.. Katakan padaku apa yang sedang terjadi dengan hati ini??
KERINDUAN dan KESETIAAN-ku sedang mengarungi ombak penantian yang panjang
Perasaan itu semakin DALAM justru dalam ketidakpastian ini,,
Beberapa kali dalam malam yang sepi
Perasaan yang kuat mendorongku untuk MENDOAKAN-mu dengan airmata
Mungkin untuk menolongmu dalam ketidaktahuanku


WAKTU dan MISTERI ILAHI akan membawamu datang padaku
Ia akan membimbingmu untuk MENGANTAR-mu di sisiku
Pergumulan panjang ini membuktikan pada diriku
Bahwa aku telah MENCINTAI-mu
Sebelum aku BERTEMU dengan mu


Lewat penantian ini, aku sedang membangun DUNIA di sekitarmu,,
Membangun DIRI-ku sang wanita yang akan mendampingimu..
Membangun CINTA yang SEMPURNA dalam hatiku,
Untuk menolongmu,,menolongmu,,dan menolongmu,,
Agar kau dan aku dapat mengerjakan KERINDUAN HATI-NYA,,






Created by Maya Basoeki - When i was In my boarding house : 
Just thinking and praying for him 
How can i miss someone so much that i have never met??


October 22, 2010

Everything is Beautiful





EVERYTHING is BEAUTIFUL

Hi guys,,,
I just wanna share to you about one of my favourite song, called “Everything is Beautiful”. Nice title, don’t you think so??This song is the soundtrack of the Movie 
Letter to God
I like the movie, especially about the message on it, but actually, I like the soundtrack more than the movie.
The lyrics were a simple, but so deep in reflection. So many times, we’re worried about life, problems, something or someone, and then we are going to give up because we don’t have the ANSWER..We don’t find a SOLUTION..

Everything seem so Bad.. And we think that we can’t dream again..
We think we have Lost everything.. And the Peace is really disappear from our heart
Suddenly,  we Forget all of the good things that ever happened in our lives..
No hope…No dreams..

And this song, tell us that we just need to Remember that Everything was beautiful..
You just need to CLOSE your eyes until we REMEMBER the good thing that ever happened in our life..


So listen to the clip, and reflect if this ever happened to you…

video

I would not be here tonight, if I had to choose.
It’s always the bigger things in life that seem to choose you.
You can say what you want.
Believe what you will believe, yeah
But I’ll take what I want, and see what I need to see.

When I’m buried in the QUESTIONS, I can’t find the ANSWER.
I close my eyes and LISTEN, ‘till I REMEMBER
Everything was BEAUTIFUL,
Nothing seem to matter
Every day was just another day to DREAM
You can say what you want, and be who you want to be.. yeaah



And you never looked back to the things that you HAD
or the ones that you never NEED.
Buried in the
QUESTIONS, I can’t find the ANSWERS
I close my eyes and LISTEN, ‘till I REMEMBER
Everything is BEAUTIFUL, beautiful



If this is all there is, you can’t wrap your head around it
If somewhere LOVE exists you can wrap your arms around it


Can you hear me now?
Can you hear me now?
Can you hear me now?
Can you hear me now?

Buried in the QUESTIONS, you can’t find the ANSWER
CLOSE your eyes and LISTEN until you REMEMBER, oooo
You DON’T need the ANSWER
Just CLOSE your eyes and REMEMBER


Everything WAS beautiful
Everything IS beautiful’…here




-->

October 18, 2010

Permintaan KECIL, jawaban BESAR


..17 hari yang telah berlalu di bulan oktober ini seakan memberi pelajaran hidup yang tiada akhir.. sarat dengan makna.. ,makna kehidupan yang singkat.. makna kasih yang tulus.. makna kebersamaan.. makna persahabatan.. makna berdoa dengan penuh kuasa dan konsisten.. Woow..padat dengan kenikmatan pelajaran kehidupan yang terjadi…dan serasa rutinitas dan kelelahan menjadi hal besar yang tak lagi menjadi masalah..masih teringat dengan jelas dalam permintaan kecilku doa-doa selama bulan September yang lalu..
,,”O Tuhan ajar aku untuk bisa memaknai hari-hariku”,,


Aku berdoa seperti itu karena hari-hari sepanjang bulan September hanya bisa kulihat sebagai hari-hari yang melelahkan..bahkan mencoba untuk menikmati saat teduh pun begitu sulit..
…PERMINTAAN kecil dalam doa yang simple itu ternyata mendapat sukacita JAWABAN yang besar..
..dimulai dengan pertemuan dalam dunia maya dengan teman-teman lama dengan proses hidup yang berbeda membuat hatiku terbuka lebar untuk mau mengerti keadaan dan posisi mereka…melihat lebih jauh dan merasakan apa yang mereka nikmati, sesali dan semua proses yang terus membawa mereka mengerti hidup ini dengan lebih lengkap..
..terpukul dengan berita penting beberapa orang yang ku kenal dengan sangat baik telah jatuh dalam perendahan penghargaan terhadap cinta kepada calon pasangan hidupnya..mereka tidak menjaga dirinya menjadi yang terbaik untuk para calon istrinya..dan dengan penuh penyesalan menangis untuk mereka..menyesal karena dalam beberapa momen Tuhan sepertinya mengingatkan ku untuk mengunjungi mereka, namun kepekaan itu sangatlah sulit untuk kuresponi dengan tepat..
..terharu dengan pekerjaan Tuhan yang Maha Dahsyat dalam hidup salah seorang adik yang dekat denganku selama ini..hatiku merasakan kehadiranNya dan kasihNya untuknya..Dan lebih mengharukan, Tuhan membisikkan dengan jelas di hati kami untuk segera mendoakannya..Dan Tuhan bekerja..hanya bisa terpukau dengan apa yang terjadi, bagaimana kasih Tuhan yang begitu hangat mulai menjamah hatinya..And we just can sing..hallelujah… hallelujah… hallelujah… hallelujah… hallelujah…kebahagiaan melihat seseorang berdamai dengan Allah adalah pengalaman yang paling prestisius yang pernah ku alami..praise Lord..
..terkejut dengan kabar kematian seorang teman pelayanan yang masih muda, bahkan lebih muda dariku..seorang gadis yang punya mimpi besar bagi kepujian Nama Tuhan..shock..dan seolah-olah pemikiran ttg visi hidup menjadi berubah..visi hidup itu adalah proses kesetian berjalan dalam jalan Tuhan..bukan tempat atau situasi atau pekerjaan atau kegiatan yang akan kita tuju..It's all about process..dan menurut kita jalannya masih panjang..masih banyak waktu..oo, kita berkata seolah kita yang mengetahui segala sesuatu..tapi kalo Tuhan berkata : It’s enough my child, come back to me!! Itu berarti bahwa semuanya sudah sempurna sampai detik itu..Misi dari Tuhan sudah selesai untuk dikerjakan dan diperjuangkan dalam hidup..
..terpukau dengan pernyataan-pernyataan yang diucapkan oleh orang2 yang selama ini kudoakan..pernyataan2 itu seakan menjadi peneguhan bagiku bahwa tuhan menampung dan mendengarkan semua yang kudoakan,,tidak mau bersandar dan berharap pada janji mereka,,hanya mau bersandar pada karakter Allah yang tidak pernah berubah..
..terkenang akan kisah hidup yang begitu menarik,,orang2 luar biasa penuh teladan yang pernah hadir dalam hidupku..dari kasih merekalah aq tersentuh oleh kasih Tuhan..dari sentuhan dan belaian mereka saat aq bersedih, aq merasakan sentuhan Tuhan yang tidak meninggalkan-ku dalam situasi kritis..dari senyuman dan kata-kata merekalah, aq merasakan Tuhan menyapa dan mengingatkanku..
Semua yang ku tahu tentangNya, dapat kurasakan dari orang lain..dan apa yang bisa kuminta lagi kepadaNya..Semua yang kubutuhkan sudah Dia berikan..hanya ingin terus berlari mengejar panggilan itu..hanya ingin menikmati kehadiranNya dalam setiap peristiwa hidup..mungkin hanya ini permintaan KECIL berikutnya yang bisa kuucapkan, dan biarlah aq mendapatkan kemurahan untuk menikmati jawaban BESAR dariNya..






October 13, 2010

Tennessee


Ini adalah postingan blog yang sangat saya nikmati. Coz today we would talk about one movie that I loved “Tennessee”.. Yah saya suka sekali menonton film,  sering mengadakan nonton bareng di kamar kos..Dan kalo tidak ada temen kos yang bisa nonton bareng, yah nonton sendirian..
Saya suka film yang mengangkat realita kehidupan. Ini salah satu film yang mengangkat realita kepedihan hidup dalam keluarga dan perjuangan untuk memaknai kehidupan lebih baik lagi dengan cara berbaikan dengan masa lalu. Realita yang sangat mungkin terjadi dalam hidup kita dan orang-orang di sekitar kita.

"Banyak orang hidup dalam dimensi waktu saat ini, tetapi hati mereka sebenarnya terjebak dalam masa lalu yang penuh kekelaman."

Pengalaman traumatik dan sakit hati hanya akan membuat seseorang tidak bisa menikmati kehidupan saat ini. Wow…Penasaran?? It means that you are very enthusiastic Yuk kita liat ulasan Film ini tentang karakter tiga tokoh dan alur ceritanya..

KARAKTER

Carter diperankan oleh Adam Rothenberg
Seorang pria setengah baya yang berjuang untuk menghidupi ibu dan adiknya. Perjuangan itu dimulai setelah ia membuat suatu keputusan besar untuk membawa ibu dan adiknya berpisah dari ayahnya. Pada masa mudanya merupakan pemuda yang sangat tampan, berkepribadian baik dan menarik, sehingga dipuja-puja oleh banyak wanita. Ia masuk dalam tim terbaik dan sering menjadi pahlawan dalam pertandingan football. Di balik perjuangannya yang totalitas dan tanpa perhitungan, ternyata ia menyimpan luka batin yang sangat dalam. Luka batin terhadap kekerasan yang dilakukan ayahnya sejak kecil dan menjadi saksi hidup penyiksaan terhadap ibunya menjadi kenangan pahit yang merongrong jiwanya. Kisah kehilangan cinta sejati dan sekaligus cinta pertamanya menambah lengkap cerita sedih dalam hidupnya. Dan tak ada seorang pun yang mengetahui apa yang dia rasakan karena sifat pembawaannya yang sangat pendiam dan tertutup dan tidak mudah berbagai dengan orang lain, bahkan adik kandung sendiri, Ethan.

Ellis diperankan oleh Ethan Peck
Adik dari Carter ini, mempunyai kesensitifan yang sangat dalam. Merupakan orang yang mudah untuk disayangi. Dengan diam-diam ia sangat mengerti dan memahami pribadi kakaknya, dan selalu berusaha agar Carter dapat menikmati kehidupan. Menyukai fotografi dan menekuni bidang tersebut di bangku kuliah dengan biaya yang diusahakan oleh Carter. Sangat mengasihi keluarga dan penuh dengan pengampunan. Ia berusaha mencari tahu kabar tentang ayahnya, walaupun ayahnya telah mencampakkan dan berbuat jahat. 

Krystal diperankan oleh Mariah Carey
Seorang wanita bertalenta musik, penuh dengan cinta,  pengabdian, pengertian namun juga terluka. Mempunyai seorang suami yang sering bertindak kasar dan memerintah semaunya menjadikannya sebagai orang yang tertekan dan penuh ketakutan untuk memiliki mimpi. Menerima dengan terpaksa nasib dan keadaannya adalah satu-satunya jalan terpedih dan sekaligus terbaik bagi dirinya. Ia bekerja di restoran sebagai pramusaji yang sangat ramah.

Ketiga tokoh ini memainkan peran dan karakter dengan sangat baik dan natural, kecuali Mariah Carey masih terkesan masih sulit terlepas dari cara senyum ala Mariah dalam beberapa adegan yang sebenarnya tidak memerlukan senyuman simpulnya..hahaha... But over all, I think she’s doing good job and trying to do her best.

ALUR CERITA


Film ini cukup  menarik bila dilihat dari segi alur cerita yang menggunakan alur cerita modifikasi flashback dan maju. Cerita dimulai dengan kisah di masa lampau, ketika Carter pulang ke rumah dan melihat ibunya sedang dipukul oleh ayahnya. Ayahnya sering melakukan kekerasan terhadap ibunya. Dan pada hari itu rupanya, kesabaran Carter telah habis dengan melihat penderitaaan ibunya. Segera Carter membawa ibu dan adiknya Ellis keluar dari rumah.
Mencari hidup dan menetap di New Mexico menuntut Carter untuk menjadi tulang punggung keluarga. Alur cerita bergerak maju, setelah bertahun-tahun berlalu sejak perpisahan dengan ayahnya, ibunya pun telah meninggal dan Carter mempertaruhkan segalanya untuk Ellis. Carter bekerja sebagai supir taxi dan Ellis belajar di perguruan tinggi jurusan fotografi, jurusan yang sekaligus menjadi hobbynya. Ellis sering menghabiskan waktunya mengambil gambar gunung di belakang rumah mereka. Entahlah gunung itu sepertinya menjadi satu-satunya objek yang paling mempesona hatinya. Ia betah berdiri berjam-jam untuk mendapatkan timing yang tepat untuk mengambil gambar gunung itu dan suasana degradasi warna yang sempurna di sekitarnya. Carter selalu terkesan dengan hasil gambar yang diperoleh Ellis. Yah satu-satunya hal yang bisa membuat Carter bahagia adalah kebahagiaan Ellis, satu-satunya alasan untuk semua perjuangannya. Dan Ellis pun sangat menyayangi Carter.

Di suatu pagi, sebelum berangkat bekerja, Carter selalu menyempatkan diri untuk melihat Ellis di studio kecil tempat ia mencetak semua foto yang berhasil ditangkap oleh kameranya. Namun kali ini, sesuatu yang mengejutkan terjadi pada diri Ellis. Carter melangkah memasuki pintu kecil itu dan melihat simbahan darah keluar dari studio itu. Carter berlari masuk ke ruang studio itu dengan penuh ketakutan, dan ia menemukan tubuh Ellis telah terbaring lemah dan pucat karena kehilangan banyak darah. Setelah mendapatkan perawatan dari dokter, Carter harus menerima suatu kabar buruk tentang kondisi adiknya, Ellis divonis menderita kanker leukemia akut. Secepat mungkin Ellis butuh asupan darah yang sama dengannya untuk mempertahankan waktu hidupnya. Dan ternyata darah Carter tidak cocok. Ellis tidak akan bertahan lama dengan asupan darah lain dan itu akan semakin membahayakan nya. Dokter mengajukan untuk mencari anggota keluarga yang masih hidup karena kemungkinan kesamaan darah itu lebih besar. Dan satu-satunya anggota keluarga yang mungkin bisa menolong Ellis adalah ayahnya sendiri.

Dari New Mexico menuju Tennessee. Inilah perjalanan yang membawa Carter dan Ellis kembali ke masa lalu. Tennessee tempat yang mengingatkan banyak kepahitan dan penolakkan. Memori tentang ayahnya yang selama ini berusaha dihapuskan Carter dalam hidupnya, namun tidak pernah bisa. Perpisahan dengan kisah cinta pertama dan sekaligus cinta sejatinya juga menambah duka yang dalam bagi Carter. Di tengah perjalanan ini mereka bertemu dengan Krystal, seorang wanita yang juga hidup dalam tekanan dari suaminya yang kasar dan mengontrol semua hal dalam hidupnya. Ia hidup selama bertahun-tahun dalam bayang-bayang ketakutan atas sikap suaminya yang sering bertindak amoral. Krystal pun mengambil keputusan besar dalam hidupnya dengan kabur dari rumah suaminya dan bergabung dalam perjalanan bersama Carter dan Ellis. Setiap hal yang mereka alami bersama sepanjang perjalanan ini semakin membukakan siapa diri mereka sebenarnya. Mereka semakin mengenal dan berusaha untuk menyembuhkan satu dengan yang lain. Konflik dan perbedaan cara berpikir di antara mereka membuat Carter mulai menyadari bahwa ia perlu berbaikan dengan masa lalunya.

Woow..Gimana?? Menarik kan ceritanya??..Ini baru prolognya..Untuk menikmati kekayaan ‘message’ dalam film ini, aq harus  bilang kalo temen-temen harus menonton filmnya.. Ini bukan jebakan tapi tulisan ini hanya untuk mentrigger temen-temen, karena kalian ga akan rugi spent 1 jam 39 menit untuk menonton film ini. 
Selamat menonton!! Dan mendapatkan sesuatu dalam film ini..Jangan lupa untuk masuk lagi ke blog ku dan meninggalkan kesan ttg film ini yah..Bye….